Thursday, October 27, 2011

Awas Malaysia....Indonesia Borong 30 Pesawat Sukhoi


Metrotvnews.com, Jakarta:Kartika Airlines dan Sky Aviation berencana membeli 30 pesawat Sukhoi Superjet 100 dari Rusia. Pesawat dibeli untuk kepentingan komersial. Demikian dikatakan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Herry Bakti S. Gumay di Jakarta, Kamis (27/10).

Herry mengatakan, Kartika Airlines membeli 18 unit Sukhoi Superjet 100. Sedangkan Sky Aviation memesan 12 pesawat. Menurut dia, burung besi dari Rusia itu akan didatangkan bertahap, mulai 2013.

"Kini Indonesia masih menunggu sertifikasi Eropa (IASA) agar pesawat bisa masuk ke Indonesia," ujar Herry. "Sukhoi ini cukup bagus dengan penumpang 100 orang, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil."

Selain pembelian pesawat, Herry menyatakan, pemerintah sedang mengupayakan adanya joint productiondengan Rusia bersama PT Dirgantara Indonesia untuk sparepart dan after sales service.

"Ini kan pesawat baru semua, pastilah ada kurang ini itu, baby sickness. Ini yang kita harapkan bisa dilakukan di Indonesia, meskipun memang tetap tanggung jawab pabrik," terang Herry.

Sukhoi Superjet 100 mempunyai kemampuan kecepatan terbang maksimum 0.81 kecepatan suara (Mach 0.81) dan mencapai ketinggian 40.000 kaki. SSJ 100 dapat beroperasi di bandara dengan landasan pacu pendek: 1.731 meter.(ICH) 



Yang ini Sukhoi milik Malaysia.......mana boleh lawan........

No comments:

Post a Comment